Rabu, 10 Februari 2016

"BECAK" SENGSARAKAN WARGA PILIP 13 MUSI BANYUASIN

Bila becak menjadi alat trasportasi yang ramah lingkungan, beda hal nya dengan "BECAK" yang dimaksud pada artikel ini. "BECAK" Sengsarakan Warga, mungkin banyak dari para pembaca bertanya-tanya, bisa jadi termasuk Anda. Iya Anda! yang lagi asyik baca. Hehe, bercanda.

Becak yang dimaksud pada tulisan ini adalah BECEK, lho kenapa becek bisa jadi becak. Yah, kita tanya saja pada nenek moyang warga Desa Epil, Kecamatan Lais, Musi Banyuasin, karena warga desa tersebut, termasuk penulis, sangat pamiliar menyebut becek dengan sebutan becak. Tuh, sudah ada gambaran khan, becak yang dimaksud. Hehe

Lho, lalu apa hubungannya dengan kesengsaraan warga? Yah, jelas lha sengsara, wong jalan ke Desa itu aja, lumpur, becek, berlobang, apa lagi yah? seperti mau offroad. Yes, benar.

Jalan ke Desa Pilip 13 atau bisa disebut juga Village 13, salah satu desa yang berada di Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, sampai saat ini kondisinya masih buruk, belum ada tanda-tanda jalan desa tersebut di Aspal Hot Mix, warga sangat kesulitan untuk mendistribusikan hasil pertanian. Untuk menuju ke desa tesebut saja, saat musim hujan seperti sekarang ini, harus mengggunakan kendaraan 4WD, karena kendaraan biasa diyakini tidak akan tembus.

Warga desa pilip 13 yang sebagian besar sebagai petani, sangat berharap jalan desa nya diaspal, sama seperti desa-desa yang lain, apalagi sudah bertahun-tahun lama nya desa tersebut tidak mendapatkan perhatian dari pemerintah setempat, ataupun pemerintah kabupaten.

Miris rasa nya melihat anak-anak sekolah yang harus ber kilo-kilo meter berjuang melintasi jalan becek, demi menuntut ilmu, sedangkan perhatian dari kabupaten yang katanya memiliki APBD hampir 2 Triliun ini, hampir tidak ada. Tidak jarang seragam sekolah anak desa tersebut harus berubah warna menjadi orange, karena lumpur.

Semoga, tulisan ini dibaca oleh pihak berwenang, sehingga warga desa tersebut bisa menikmati mulusnya jalan beraspal, sama seperti Desa-desa lain. Aamiin.

Yuk, dishare

Tidak ada komentar:

Posting Komentar