Senin, 24 Agustus 2015

Unik, Desa ini Miliki Seribu Nama Anang

"Jangan coba mencari nama Anang di Desa ini" ujar Khotop saat menjawab pertanyaan wanita cantik yang sedang kebingungan mencari alamat kenalanya, "Nama Anang itu banyak. Ada Anang Tamhar, Anang Bonok, Anang Munir, dan masih banyak lagi Anang lainya." Ungkapnya lagi.

Ya, nama satu ini memang banyak terdapat di Desa Epil, Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan. Jangan heran ketika hanya menyebutkan nama Anang untuk mencari teman, rekan seprofesi, atau kenalan Anda. Diyakini tidak ketemu alamat rumahnya.

Desa Epil terletak di Kecamatan Lais, memiliki sebutan tersendiri untuk nama-nama warganya. Selain nama Anang sebagai sebutan untuk anak lelaki kedua, ada juga Kuyung untuk anak pertama, Ujang anak ketiga, dan seandainya lebih dari tiga, ada nama panggilan Anang Cik, Anang Sok serta Pisat.

Jadi, jangan heran. Saat hanya menyebutkan nama panggilan tanpa nama asli, diyakini tidak akan bertemu dengan orang yang dimaksud. Sama seperti desa lain di Musi Banyuasin bahkan di Indonesia, Desa Epil mempunyai panggilan tersendiri untuk warganya.

Selain nama panggilan untuk laki-laki. Warga Epil juga punya nama panggilan tersendiri untuk wanita. Kupik anak wanita pertama, Cik anak kedua, Ine ketiga, Ino keempat, dan Uju untuk nama panggilan kelima.

Desa Epil yang di lintasi Sungai Batang Hari Leko, berbatasan dengan Desa Teluk dan Bailangu memiliki keunikan tersendiri dalam sebutan nama, bahkan sudah menjadi kebiasaan turun-temurun. Jadi, tidak heran kalau berkunjung kedaerah tersebut, akan menjumpai masyarakat yang mempunyai nama sebutan sama.

Untuk orang tua, masyarakat Desa Epil biasa memanggil Umak untuk nama panggilan ibu, Aba untuk Ayah, Gede sebutan Kakek, Mamak untuk Paman. Masih banyak lagi nama panggilan lainya, diantaranya adalah Bik atau Bibik untuk Tante, Uwak untuk nama panggilan Saudara dari Ibu atau Ayah yang tertua.

Nama panggilan serupa juga lazim di desa-desa yang berada di Sumatera Selatan, jadi tidak heran kalau menjumpai banyak sekali nama penggilan yang sejenis. Unik, menarik dan jangan sampai dihilangkan yah!.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar