Selasa, 18 Agustus 2015

Lais Terbesar di Dunia Ada di Musi Banyuasin

Taukah Anda bila Lais terbesar di Indonesia bahkan dunia hanya di Musi Banyuasin? Yaa....jangan heran dulu, yang dimaksud bukan spesies ikan, melainkan nama desa.

Desa Lais yang juga pusat kecamatan Lais berada di kabupaten Musi Banyuasin. Memilki berbagai keunggulan diantaranya adalah memiliki warga yang sangat menjunjung tinggi semangat persaudaraan.

Selain penduduk yang semuanya pendatang, desa yang dibelah oleh aliran sungai ini juga memiliki jumlah penduduk yang semakin bertambah. Terbukti dengan banyaknya bangunan rumah baru yang berdiri.

Bisa dilihat sekitar tahun 2003, rumah yang berdiri diperbatasan Lais dan Teluk hanya segelintir saja, kini sudah hampir memenuhi garis jalan sampai ke MTS yang duluhnya menjadi bangunan paling akhir.

Mungkin ada juga yang berpikir kenapa desa ini namanya sama dengan spesies ikan. Nama Lais diambil dari nama sungai yang membelah desa yaitu Sungai Lais.

Dahulu sebelum berkembang menjadi desa, Lais masih berbentuk talang atau hanya ada beberapa rumah warga yang berkelompok. Talang Lais itulah nama awalnya sebelum berubah menjadi nama desa yang formal yaitu Desa Lais.

Keunikan lain dari desa ini adalah disaat kemarau melanda biasa sungai menjadi surut bahkan kering. Saat itulah seluruh warga berbondong-bondong ke sungai untuk menangkat ikan, bahkan hampir sepanjang sungai yang panjangnya sampai ke perbatasan desa Petaling penuh oleh warga.

Disungai yang membentang inilah banyak ikan spesies Lais, mungkin dari situ juga kenapa sungai tersebut bernama sungai Lais, bahkan nama desa dan kecamatan juga diambil dari nama ikan tersebut.

Kini desa Lais bersiap kembali merubah bentuk menjadi lebih maju yaitu menjadi kelurahan, hal itu terlihat jelas dengan dipecahnya desa menjadi dua bagian. Ada Desa Lais dan Lais Utara menjadi desa baru yang telah diresmikan pada tahun 2014.

Untuk menjadi kelurahan tentunya masih memerlukan beberapa persiapan yang matang, terutama kelengkapan infrastruktur, diantaranya adalah ketersediaan perbankan dan beberapa fasilitas lainya.

Rakyat desa Lais sangat berharap kepada pemerintah Kecamatan agar bekerja lebih giat lagi untuk mewujutkan kemajuan bersama. Teruslah berusaha untuk meyakinkan pihak perbankan agar mau membuka kantornya di desa yang menjadi pusat kecamatan ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar